Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Warga di Sampit Masih Laksanakan Lebaran Ketupat

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 08 Mei 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Lebaran telah berlalu. Namun, ada satu tradisi yang biasanya masih dilaksanakan masyarakat, yakni Lebaran ketupat. Sejumlah warga di sampit, Kotawaringin Timur, masih melaksanakannya. 

"Keluarga kami masih melaksanakan tradisi ini, ditandai dengan berkumpul dan makan ketupat bersama," kata Bahri, warga yang melaksanakan Lebaran ketupat, Minggu, 8 Mei 2022. 

Tradisi itu biasanya dilaksakan hari ke-8 atau 8 syawal, setelah Hari Raya Idulfitri. Biasanya juga dilaksanakan sebagai penutup  puasa sunah enam hari di bulan Syawal. Kebanyakan yang merayakannya warga pendatang dari Pulau Jawa. 

”Meski di Sampit, kami tetap merayakan. Mengingat tradisi di kampung halaman,” ungkap Jono, warga yang menggelar lebaran ketupat lainnya. 

Khas dalam lebaran ketupat tentunya adalah ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa. Sedangkan untuk lauknya beragam, ada yang kuah sayur, sop, masak kare, maupun masakan lainnya. 

"Yang khas ya ketupatnya, dibungkus daun kelapa lebih harum. Bukan ketupat dibungkus plastik," tambah Jono. 

Sebelum pelaksanaan tradisi, biasanya bungkus ketupat ini dibuat bersama-sama, baik bersama keluarga maupun tetangga. Lalu setelah makan bersama juga biasanya dilaksanakan tradisi mengantarkan makanan ke tetangga. Hal ini dilaksanakan atas alasan kebersamaan dan kerukunan. (USAY NOR RAHMAD/B-11)

Berita Terbaru