Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi III DPRD Kapuas Berharap Pelabuhan KP3 Dikelola Daerah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Mei 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas melakukan peninjauan terhadap kondisi
Pelabuhan Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3), di Kecamatan Selat Kota Kuala Kapuas.

Pelabuhan yang kerap menjadi tempat bersantay masyarakat itu kondisinya memprihatinkan, karena banyak mengalami kerusakan, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas tidak bisa berbuat banyak. Mengingat KP3 masih dikelola PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kapuas, Kunanto mengharapkan agar pelabuhan tersebut dapat dikelola pemerintah daerah. Karenanya pihaknya akan berkunjung guna koordinasi dengan PT. Pelindo III untuk dapat menghibahkan pelabuhan KP3 kepada pemerintah daerah.

"Kami akan koordinasi dengan Pelindo III, agar KP3 dihibahkan, dan pengelolaan sepenuhnya oleh pemerintah daerah, agar dikelola dengan baik tidak kumuh, serta membahayakan," kata Kunanto, Kamis 19 Mei 2022.

Menurut dia kawasan itu sangat berpotensi menjadi tempat wisata, tetapi kondisinya kini memprihatinkan dan harus dikelola untuk dapat diperbaiki. Namun harus diakui daerah tidak bisa berbuat apa-apa, sebab kewenangan masih di PT. Pelindo III.

"Nah, itu yang menjadi persoalan, dan kita mendorong untuk dihibahkan ke daerah, agar pengelolaan berjalan baik," ucapnya.

Disampaikannya, bahwa ini juga merupakan keinginan dari masyarakat Kabupaten Kapuas yang merasa prihatin melihat kondisi bangunan KP3 rusak parah dengan kondisi lantai sudah rapuh, padahal lokasinya sangat strategis.

"Tentu kita berharap PT. Pelindo III menyetujui, apalagi pemerintah daerah juga sudah bersurat untuk KP3 dikelola daerah," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru