Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duwel Rawing Sebut Pembahasan Raperda Cagar Budaya Hampir Tuntas

  • Oleh Donny Damara
  • 31 Mei 2022 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Pansus Raperda Cagar Budaya, Duwel Rawing menyebut pembahasan mengenai raperda cagar budaya di DPRD Kalteng sudah hampir tuntas.

"Saat ini pembahasan raperda itu sudah separuh jalan, harapan kita satu atau dua hari lagi selesai," kata anggota komisi II DPRD Kalteng ini, Selasa, 31 Mei 2022.

Duwel mengungkapkan, kemarin pihaknya telah menggelar rapat kerja bersama Disbudpar Kalteng guna membahas raperda tersebut. Dalam rapat itu telah dibahas beberapa point terkait inventarisasi cagar budaya

Dijelaskannya mengenai inventarisasi, raperda tersebut nantinya akan menentukan status dari objek yang masuk dalam cagar budaya atau tidak.

Selanjutnya, untuk penetapan cagar budaya yang masuk provinsi, kabupaten atau kota dan nasional akan menjadi kewenangan masing-masing pihak terkait.

"Penetapan cagar budaya di daerah misalkan provinsi, kabupaten dan kota akan ditetapkan oleh kepala daerah. Lalu untuk yang nasional yang menetapkannya yakni kementerian terkait," ucapnya.

Diungkapkannya, cagar budaya yang ada di Kalteng ini masih banyak yang belum dinilai atau ditetapkan. Sehingga, salah satu yang ada dalam raperda itu yakni mendorong pemda untuk membentuk tenaga ahli cagar budaya.

"Peran dari tenaga ahli cagar budaya ini nantinya untuk menilai sebuah objek apakah memenuhi syarat atau bisa ditetapkan menjadi cagar budaya atau tidak," jelasnya.

Di sisi lain, diharapkan juga dengan adanya raperda tersebut pemerintah dapat berperan dalam upaya revitalisasi cagar budaya agar bisa kembali kebentuk asalnya. "Tentu komitmen dan dukungan anggaran juga sangat dibutuhkan," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru