Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PHBS Masih Harus Dilakukan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Juni 2022 - 09:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masih harus dilakukan karena menjadi kunci masyarakat aman dalam beraktivitas.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa perilaku manusia sangatlah vital menentukan besar penularan penyakit di dunia.

“Covid-19 telah membawa kita kepada darurat kebencanaan. Namun hikmahnya dapat melatih kita menyesuaikan diri untuk merubah perilaku dalam waktu singkat. Perilaku manusia berkaitan erat dengan mobilitas hingga aktivitas sosial ekonomi masyarakat,” katanya.

Terkait perilaku, belajar dari temuan dalam hasil studi Hanratty et al (2021) terkait pandemi influenza di tahun 2009 lalu, menyatakan, kunci mencegah potensi pandemi selanjutnya ialah perilaku hidup bersih dengan menjaga jarak maupun menjauhi kerumunan.

“Karenanya tak heran, baik pemerintah Indonesia maupun negara lain berupaya keras mengendalikan gas-rem agar kondisi kesehatan terus membaik seiring terus menggerakkan roda ekonomi,” sebutnya.

Di sisi lain ancaman pandemi selanjutnya tidak terelakkan, baik karena penyakit yang ada kembali meningkat atau cepatnya pertumbuhan penyakit baru, sehingga cara terbaik saat ini mempertahankan tatanan perilaku teratur dengan penyesuaian.

Berdasarkan data yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng, Senin 13 Juni 2022 kasus konfirmasi Covid-19 tidak mengalami penambahan. Pasien sembuh bertambah bertambah dua orang dari Barito Utara, sedangkan jumlah pasien meninggal dunia tidak mengalami penambahan. (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru