Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKP Kobar Latih Jurnalis Menanam Tanaman Pangan Sistem Hidroponik

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 Juni 2022 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna mendapatkan pengetahuan menanam tanaman pangan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) melatih puluhan jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memanfaan sistem hidroponik, Selasa, 21 Juni 2022.

Plt. Kepala DKP Kobar Ahmad Yadi, dalam pembukaan kegiatan tersebut di Kantor PWI Kobar menjelaskan tujuan digelarnya pelatihan dengan tajuk optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga.

"Karena di Kabupaten Kobar, tentunya sebagian besar masyarakat termasuk rekan wartawan memiliki pekarangan. Untuk mengoptimalkan penggunaan pekarangan, busa digunakan sebagai tempat untuk menanam tanaman pangan," jelas Ahmad Yadi.

Ahmad Yadi menjelaskan bila pekarangan bisa dimanfaatkan dengan optimal dengan ditanami tanaman pangan, paling tidak bisa untuk meniadi salah satu sumber oangan keluarga.

"Bahkan bila dikelola dengan baik, pastinya bisa menjadi pemasukan atau sumber pendapatan bagi keluarga," jelas Ahmad Yadi.

Selain itu, menurut Ahmad Yadi, kenapa sistem hidroponik yang belakangan ini digencarkan, salah satu tujuannya untuk mengubah mindset semua warga bahwa bertani itu keren.

"Selama ini sebagian besar orang berfikir bahwa bertani itu cenderung bekerja dengan hal yang kotor dan bergelut dengan tanah. Namun sebenarnya dengan teknik modern dan teknologi, hal tersebut bisa di ubah. Salah satu tujuan pelatihan ini bagaimna menciptakan mindset baru bahwa bertani itu keren dan mengasyikkan," jelas Ahmad Yadi.

Ketua PWI Kobar Syamsudin mengatakan pihaknya menyambut gembira adanya pelatihan ini. 

"Karena dengan adanya ketahanan pangan keluarga, sangat membantu dan menunjang kinerja para jurnalis dalam pekerjaan kesehariannya. Lantaran perekonomian rumah tangga bisa terjaga, tentunya jurnalis bisa dengan tenang dan nyaman dalam mengerjakan tugasnya untuk memberikan informasi pada publik," jelas Syamsudin Danuri. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru