Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Terpadu Ajak Masyarakat Kumai Cegah Karhutla

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Juni 2022 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun -  Tim terpadu yang merupakan gabungan TNI  Polri dan BPBD, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus menggencarkan imbauan kepada masyarakat untuk turut serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Dalam kesempatan kali ini, tim terpadu melaksanakan imbauan pencegahan Karhutla di wilayah Desa Keraya, Kecamatan Kumai, pada Kamis, 23 Juni 2022.

Pemberian imbauan kepada masyarakat ini, dimaksudkan agar pada saat musim kemarau tidak terjadi Karhutla di wilayah Kumai dan sekitarnya. Mengingat, bencana Karhutla mengancam saat musim kemarau tiba.

Dalam sosialisasi, tim menjelaskan mengenai pencegahan, pemadaman dan penanganan pasca karhutla. Diharapkan, masyarakat dapat memahami dan turut serta mewujudkan Kobar bebas Karhutla.

Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Bayu Wicaksono melalui Kapolsek Kumai Iptu Rahis Fadhlillah, menyampaikan bahwa pihak Kepolisian akan mendukung penuh program pencegahan Karhutla. Untuk itu, pihaknya terus terlibat dalam setiap kegiatan pencegahan Karhutla.

"Kami siap membantu memberikan arahan kepada warga, terkait pencegahan karhutla di desa di Wilkum Polsek Kumai, guna terciptanya kabupaten Kobar kususnya Kumai terhindar dari bencana kabut asap," ungkapanya.

Ia menambahkan, bahwa dampak dari Karhutla selain terkait lingkungan, juga kesehatan. Kemudian bagi pelaku juga akan dikenakan sanksi hukuman penjara.

"Untuk itu, untuk menghindari Karhutla salah satunya jangan membuka lahan dengan di bakar. Kemudian jangan membuang putung rokok sembarangan," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru