Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengemis Asal Balangan di Pasar Ampah Hasilkan Ratusan Ribu Rupiah dalam Sehari

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 24 Juni 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Petugas Satpol PP Barito Timur menemukan uang ratusan ribu rupiah dari tangan pengamen dan pengemis yang ditertibkan di Pasar Beringin Ampah, Jumat, 24 Juni 2022.

"Total dari uang pecahan Rp5.000 dan Rp10.000 ada Rp550.000 sedangkan pecahan Rp2.000 tidak dihitung oleh petugas karena uangnya banyak. Kami menghitung juga untuk kepentingan pendataan saja, uangnya langsung dikembalikan ke yang bersangkutan," jelas Plt Kasatpol PP Ari Panan P Lelu usai kegiatan di Pasar Ampah.

Dia menambahkan, uang tersebut merupakan hasil dari 3 warga Kabupaten Balangan Kalsel yang terjaring sedang mengemis dan mengamen di Pasar Ampah.

Dengan hasil sebesar itu, jika tidak terjaring penertiban diduga para pengemis itu bisa menghasilkan lebih dari Rp1 juta dalam sekali kegiatan pasar mingguan.

Warga Balangan yang terjaring tersebut terdiri dua laki-laki dan seorang perempuan. Pada Jumat pekan lalu Satpol PP juga menjaring seorang laki-laki pengemis dari daerah yang sama.

Meski berasal dari wilayah yang sama dengan pengemis yang sudah terjaring sebelumnya, namun Kasatpol PP belum bisa memastikan apakah mereka kelompok pengemis yang terorganisir atau tidak. Namun jarak sekitar 92 kilometer yang ditempuh dari Kabupaten Balangan menuju Ampah patut dicurigai.

"Belum tahu persis, tapi kami akan berkoordinasi dengan Kasatpol PP di sana (Balangan) nanti," terang Ari Panan.

Kepada pengemis dan pengamen yang terjaring tersebut, petugas memberikan peringatan tegas  serta membuat surat pernyataan tidak mengulangi aktivitas mengemis dan mengamen di wilayah Barito Timur. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru