Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gunung Mas Minta PPL Bekerja Tak Hanya untuk Penuhi Kewajiban Administrasi

  • Oleh Riska Yulyana
  • 27 Juni 2022 - 21:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong memberikan instruksi pada penyuluh pertanian lapangan (PPL) terkait tugasnya mendampingi para petani.

"Pertama, saya meminta PPL untuk bisa membantu petani melakukan analisa terhadap perkiraan ke depan, baik terkait apa yang sebaiknya ditanam dan sebagainya," ujar Jaya Senin 27 Juni 2022.

Dia meminta agar PPL membantu petani memecahkan masalah yang dihadapi. Apalagi setiap kelompok tani setiap daerah biasanya memiliki permasalahan pertanian yang berbeda.

Tidak hanya membantu memetakan atau memecahkan masalah, PPL diminta meningkatkan pengetahuan dan mengebangkan wawasan para petani yang diampunya.

Diharapkan dengan demikian, para petani bisa mengembangkan usaha pertaniannya lebih baik lagi, lebih efektif, efisien dan berdaya saing.

PPL juga diminta membantu petani untuk mengevaluasi dalam pengambilan keputusan terkait usaha pertanian yang telah dilakukan.

"Saya minta PPL yang ada di Kabupaten Gunung Mas ini untuk lebih bisa bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab akan tugas dan fungsinya. Jangan sampai tugas yang diberikan dikerjakan dengan asal-asalan, hanya memenuhi kewajiban administrasi atau memenuhi kewajiban kehadiran saja," tukas Jaya.

Jaya mengatakan, kerja PPL dikatakan baik jika petani yang dibina mendapatkan hasil pertnian yang maksimal, efektif, efisian dan bisa berdaya saing. (RISKA YULYANA/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru