Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Barito Selatan Imbau Warga Jangan Bakar Hutan dan Lahan

  • Oleh Uriutu
  • 30 Juni 2022 - 01:21 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sekda Barito Selatan, Eddy Purwanto mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan.

Imbauan tersebut disampaikan Sekda saat melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan, di Bumi Perkemahan (Buper) Lalemu Lewas, Desa Sababilah, Buntok. Rabu, 29 Juni 2022.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga dengan tidak membakar hutan dan lahan. Karena cuaca sudah memasuki musim kemarau,” katanya.

Pihaknya melaksanakan simulasi pemadaman Karhutla bersama BPBD, TNI-Polri, Tagana, relawan TRC dan Dinas Kehutanan provinsi Kalteng.

Hal ini dilakukan, lanjut dia, untuk memantau sarana prasarana serta sejauh mana kesiapan melaksanakan pemadaman apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan dengan standar operasional prosedur.

“Kita berharap tahun ini Barsel terbebas dari bencana kebakaran hutan dan lahan. Serta mohon doa dan dukungan untuk sama-sama menjaga. Karena kabaran ini tidak hanya faktor alam namun juga ulah manusia,” ucapnya.

Ia menyebutkan untuk peralatan pemadaman alhamdulilah telah memiliki standar. Sementara Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya menambahkan sebagai komando penanggulangan bencana pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait.

“Dengan simulasi ini berharap kesiapsiagaan kita penuh, sehingga kebakaran hutan dan lahan bisa di minimalkan,” kata dia.

Pihaknya juga melakukan pendalaman sarana prasarana karena rekan-rekan relawan dan TRC karena tidak semua bisa menggunakan alat tersebut.

“Kita harapkan semuanya nanti bisa menggunakan peralatan pemadaman apabila terjadi karhutla,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru