Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda: Capain Indeks Pembangunan Gender Kabupaten Gumas Tahun 2021 Sudah Sangat Baik

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 Juli 2022 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson menjelaskan bahwa posisi Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2021, sudah sangat baik.

"Tahun 2021 Kabupaten Gunung Mas berada di urutan ke 4 untuk IPG diangka 91.99 persen dan urutan ke 1 untuk IDG diangka 88.71 persen di Provinsi KalimantanTengah," ujar Yansiterson saat membuka kegiatan Advokasi Kebijakan dan Pendampingan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Termasuk Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tingkat Kecamatan Tahun 2022 yang dilaksanakan di GPU Damang Batu pada Kamis, 28 Juli 2022.

Walau demikian, kata Yansiterson, sebagai bentuk upaya percepatan harmonisasi yang mendukung pelaksanaan PUG di Kabupaten Gunung Mas, pihaknya mendukung kegiatan yang dilaksanakan di Damang Batu tersebut.

Ia berharap, melalui perencanaan dan penganggaran responsif gender (PPRG) bersama-sama mampu mengintegrasikan perspektif gender ke dalam proses perencanan dan penganggaran dengan cara penelaahan dampak dari suatu belanja kegiatan serta efeknya terhadap keadilan dan kesetaraan gender.

Yansiterson menambahkan, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2024 juga menempatkan perhatian serius dalam upaya pengarusutamaan gender.

Yakni melalui misi ke-dua “meningkatkan kualitas pembangunan SDM” dengan tujuan "meningkatkan daya saing SDM” di mana salah satu sasarannya adalah meningkatnya peran perempuan dalam pembangunan dengan indikatornya adalah Indeks Pembangunan Gender (IPG). (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru