Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Miliki Pasar Desa, Status Dorong Meningkat Jadi Desa Maju

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Agustus 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Camat Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Ristanto Pratomo mengungkapkan, fasilitas pasar desa yang dimiliki oleh Desa Dorong turut menunjang peningkatan status desa tersebut menjadi desa maju dalam Indeks Desa Membangun atau IDM.

Hal tersebut disampaikan Ristanto saat menghadiri peresmian Pasar Penuh Karamas Limpas Desa Dorong oleh Bupati Ampera AY Mebas, Minggu, 14 Agustus 2022.

"Karena pendirian bangunan pasar ini dan fasilitas yang lain seperti fasilitas kesehatan, mulai tahun 2022 Desa Dorong menjadi desa maju yang sebelumnya berstatus sebagai desa berkembang. Jadi tahun ini dari 16 di Kecamatan Dusun Timur, 6 desa diantaranya menjadi desa maju," ujarnya.

Pemerintah Kecamatan Dusun Timur, lanjut Ristanto, akan mengawal pengelolaan pasar tersebut sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa atau PAD sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan desa.

Kepala Desa Dorong Superson menjelaskan, sebelum memilih bangunan pasar aktivitas pasar di desa tersebut hanya dilakukan di pinggir jalan. Karena itu dia berharap dengan adanya bangunan los pasar milik pemerintah desa dapat dimanfaatkan dengan baik untuk transaksi jual-beli oleh warga.

Selain warga Desa Dorong pasar tersebut selama ini juga dikunjungi oleh warga dari desa tetangga. "Jadwal pasarnya tetap seperti sebelum ada bangunan pasarnya yaitu hari Minggu," tandasnya.

Peresmian Pasar Penuh Karamas Limpas Desa Dorong itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas, pelepasan balon, penyembelihan kerbau untuk ritual pamalasan serta panggung hiburan. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru