Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serahkan Mini Excavator ke Dinas PUPR Perkim, BPKAD Harap Tingkatkan PAD Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 September 2022 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah atau BPKAD Barito Timur Misnohartaku, mewakili Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas menyerahkan pengelolaan sebuah Mini Hydraulic Excavator CAT 305.5E2 kepada Dinas PUPR Perkim, Kamis, 8 September 2022.

Penyerahan tersebut berbarengan dengan pengiriman excavator tersebut dari Trakindo sebagai dealer tunggal Caterpillar.

"Pesan Pak Bupati agar alat ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung pelaksanaan proyek di Barito Timur," kata Misno mengulangi ucapan Bupati yang berhalangan hadir.

Dia juga berharap alat yang menjadi aset daerah dan pengadaannya melalui BPKAD dengan nilai Rp820 juta itu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD Barito Timur.

"Misalkan ada keperluan dari SKPD atau pihak ketiga bisa bisa disewakan dengan mengacu kepada perda (peraturan daerah) pajak dan retribusi daerah. Jika berdampak positif bagi peningkatan PAD maka ke depan akan diupayakan untuk pengadaan alat-alat berat yang lain lagi," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Perkim Yumail J Paladuk menjelaskan bahwa alat tersebut selain digunakan oleh Dinas PUPR Perkim, juga akan disewakan kepada masyarakat umum.

"Tarif sewanya sedang kita susun untuk menentukan berapa tarif per jamnya. Masyarakat yang ingin menyewa dapat mengajukan permohonan, kemudian dibuatkan perjanjian sewa," jelasnya.

Yumail menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas penyediaan alat tersebut karena sangat dibutuhkan serta berpotensi untuk meningkatkan PAD.

"Nanti kan ada ada target PAD dari aset kekayaan daerah ini, jadi akan menunjang peningkatan PAD," tandasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru