Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Sukamara: Pengelolaan APBD 2022 Harus Belajar dari Pengalaman Tahun Sebelumnya

  • Oleh Norhasanah
  • 15 September 2022 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Bupati Sukamara, Windu Subagio meminta agar dalam pelaksanaan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dapat terus ditingkatkan dengan belajar dari pengalaman tahun sebelumnya.

"Saya meminta kepada seluruh perangkat daerah agar dalam pelaksanaan dan pengelolaan APBD Tahun Anggaran 2022 dapat belajar dari pengalaman pelaksanaan APBD tahun sebelumnya," ucap Windu Subagio, Kamis, 15 September 2022.

Menurut dia, dari berbagai persoalan yang menyebabkan kinerja pelaksanaan anggaran kurang optimal, di antaranya masih rendahnya penyerapan anggaran pada awal tahun yang menumpuk pada akhir tahun anggaran, serta rendahnya penyerapan anggaran secara keseluruhan.

"Tentunya ini akan menjadi poin penilaian dari pemerintah pusat terkait penyempurnaan transfer ke daerah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi meminta agar dalam pengelolaan keuangan daerah harus tetap berorientasi pada basis kinerja. Meskin begitu, dalam pengelolaan keuangan daerah juga harus mengedepankan tranparasi, keterbukaan dan akuntabilitas yang berperinsip pada efisiensi, efektifitas, tepat guna dan tepat daya.

"Hal itu harus dilakukan dengan pendekatan penggaran yang mengutamakan hasil kinerja, serta dapat diukur capaian targetnya," tutur Ahmadi 

Ahmadi menambahkan, dalam membangun infrastuktur yang memadai di Kabupaten Sukamara, maka harus mengambail langkah-langkah strategis secara cepat, tepat dan terarah, serta menyesuaikan kondisi rill masyarakat.

"Karena kita tau, kondisi infrastukur yang tidak memadai juga akan menjadi kendala bagi masuknya investasi dan kendala bagi kegiatan ekonomi serta sosial," tukas H Ahamdi. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru