Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rokan Hilir Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Konsep Smart City Upaya Pemkab Kotim Menutupi Keterbatasan Diberbagai Pelayanan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 September 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Keterbatasan personel, anggaran, dan sarana di lingkungan pemerintahan, sehingga memaksa Pemkab Kotawaringin Timur berfikir keras untuk memenuhi segala harapan masyarakat. 

Salah satu langkah yang diambil untuk menghadapi realita tersebut yakni menerapkan konsep smart city atau kota cerdas yang saat ini masih terus berproses dan sudah selesai penyusunan programnya. 

"Kami yakin bahwa jawaban yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan konsep smart city," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim, Multazam. 

Pihaknya percaya layanan publik akan menjadi lebih efektif, efesien, dan lebih mudah saat melibatkan perangkat teknologi serta inovasi baru melalui penerapan konsep smart city. 

Karena master plan smart city merupakan sebuah program yang disusun secara partisipatif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan. 

"Smart City terdiri dari 6 dimensi, yakni smart government, smart ekonomi, smart branding, smart living, smart society, dan environmant," katanya. 

Ke 6 dimensi tersebut merupakan tata kelola kota yang disusun secara cerdas untuk menyelesaikan setiap persoalan atau masalah yang dihadapi masyarakat. Karena tujuan utamanya adalah menciptakan situasi dan kondisi kota yang sejahtera dan nyaman. 

Selain itu konsep dan implementasi smart city tidak hanya di perkotaan saja. Karena kota cerdas tidak akan bisa terwujud jika sektor terkecil seperti desa belum dikelola dengan sistem pemerintahan yang baik dan mengarah pada pemanfaatan teknologi digital. 

Sejumlah program smart city sendiri saat ini mulai dijalankan dan di antaranya pelayanan ambulan gratis, layanan deteksi kebakaran, pendaftaran siswa online, perizinan terpadu, dan  pengelolaan sampah. Dan nantinya akan terus berkembang. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru