Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Barito Selatan Bakal Lakukan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi

  • Oleh Uriutu
  • 29 September 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Badan Pusat Statistik atau BPS Barito Selatan bakal melakukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosesk).

“Pendataan awal registrasi sosial ekonomi ini dilaksanakan secara serentak mulai 15 Oktober-14 November 2022 mendatang,” kata kepala BPS Barsel, Militan kepada Borneonews usai kegiatan Rakorda pendataan awal Regsosek di aula Bappeda, Kamis, 29 September 2022.

Militan mengatakan, sebelum melakukan pendataan, pihaknya melaksanakan rapat koordinasi daerah agar dalam pelaksanaan di lapangan nanti bisa berjalan lancar.

Kemudian, lanjut dia, akan melatih 292 orang petugas pendataan terdiri atas PPL 220 orang, pemeriksa atau PML 59 orang dan Koseksa atau koordinatornya 13 orang.

Adapun yang akan didata nantinya antara lain terkait kependudukan dan ketenagakerjaan, perlindungan sosial, perumahan, pendidikan, kesehatan, disabilitas dan pemberdayaan ekonomi.

“Tujuan dari pendataan awal Regsosek ini untuk membentuk sistem berbasis data seluruh penduduk yang terdiri dari profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan,” jelas dia.

Ia menyampaikan sasarannya seluruh penduduk atau 100 persen penduduk dan keluarga dari desa hingga perkotaan. Regsosek ini merupakan program nasional yang dilaksanakan secara serentak se-Indonesia.

“Hal ini juga berdasarkan amanat Presiden yakni reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data registrasi sosial ekonomi serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru