Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi III DPRD Kalteng Usul Beasiswa untuk Mahasiswa Kuliah S-2

  • Oleh Donny Damara
  • 03 Oktober 2022 - 19:57 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Sri Neni Trianawati mengatakan pihaknya dari Komisi III pada tahun 2023 mendatang berencana mengusulkan anggaran pendidikan beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu agar bisa kuliah sampai strata-2 (S-2).

Menurutnya kendala biaya bagi kebanyakan mahasiswa, tidak mampu melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi lagi atau hingga mendapat gelar S-2. Oleh sebab itu, hal ini menjadi perhatian pihaknya supaya SDM Kalteng terutama lokal bisa memiliki kualitas mumpuni dan mampu berkontribusi membangun daerah kedepan.

"Komisi III DPRD Kalteng ini memiliki 11 mitra kerja salah satunya pendidikan. Tapi, pendidikan ini hanya sampai tingkat SLTA sederajat saja. Maka dari itu kita berencana mencoba mengusulkan pada tahun 2023 nanti supaya bisa dianggarkan beasiswa bagi mahasiswa terkendala biaya agar bisa melanjutkan pendidikan sampai S-2," ucapnya, Senin, 3 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, hingga sekarang ini banyak anak-anak di Kalteng yang memiliki semangat untuk bisa melanjutkan pendidikannya. Hanya saja terdapat berbagai kendala salah satunya biaya atau perekonomian, oleh sebab itu kebanyakan anak hanya bisa menyelesaikan pendidikannya pada tingkat SLTA dan tidak dapat melanjutkan kejenjang berikutnya.

Maka dari itu, hal ini perlu menjadi perhatian semua pihak terutama pemerintah. Pasalnya, suatu daerah harus mampu meningkatkan SDM yang ada salah satunya melalui sektor pendidikan agar kedepan akan lebih banyak SDM berkualitas di provinsi ini. Sebab, anak-anak yang ada ini merupakan generasi penerus pembangunan selanjutnya.

"Bagi yang mampu untuk melanjutkan pendidikannya itu tidak menjadi masalah, namun bagi yang tidak mampu maka perlu diperhatikan. Karena, wajib bagi pemerintah memperhatikan pendidikan setiap anak bangsa di Indonesia ini. Jadi, semoga saja apa yang akan kita usahakan nantinya bisa terwujud," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru