Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kotim Salurkan Bantuan PKH Lebih 2 Miliar Sepanjang 2022

  • Oleh Noor Annisa
  • 07 Oktober 2022 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah menyalurkan dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) lebih dari Rp2 miliar sepanjang tahun 2022.

Pihak dinsos mencatat, total keluarga penerima manfaat (KPM) dari program PKH ini berjumlah 29.150 keluarga yang dibagikan dalam 3 tahapan.

"PKH ini merupakan bantuan sosial dari program perlindungan sosial oleh Kementerian Sosial," kata Kepala Dinas Sosial Kotim, Wiyono, Jumat, 7 Oktober 2022.

Dia mengatakan, untuk realisasinya sebanyak 28.113 KPM sudah melakukan pencairan atau 96 persen, sedangkan 1.037 KPM atau 3 persennya belum melakukan pencairan. Sehingga, dana yang belum disalurkan adalah Rp 664 juta lebih.

Disebutkannya, PKH merupakan program perlindungan sosial melalui pemberian uang non tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).

"Mereka yang berhak mendapatkan PKH adalah yang memiliki ibu hamil atau nifas atau menyusui, dan atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan atau memiliki anak usia SD dan atau SMP dan atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar," jelasnya.

Keluarga yang terdaftar dalam PKH mengacu pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang bersumber dari APBN. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru