Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Dorong Pemda Tingkatkan SDM Perangkat Desa

  • Oleh Donny Damara
  • 17 Oktober 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Henry mendorong pemerintah daerah supaya dapat meningkatkan SDM perangkat desa melalui berbagai pelatihan.

Menurut Henry, peningkatan kapasitas SDM perangkat desa sangat penting, sebab para perangkat desa merupakan tumpuan dan yang paling menentukan keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai visi dan misi pembangunan suatu desa.

"Setiap desa itu harus memiliki perangkat atau aparatur yang berkualitas karena mereka merupakan ujung tombak pembangunan desa. Mengenai itu juga menjadi salah satu aspirasi yang disampaikan masyarakat di sejumlah desa di Murung Raya agar pemda bisa mendukung peningkatan SDM perangkat desa disana," ungkapnya, Senin, 17 Oktober 2022.

Henry menyebut, dengan adanya peningkatan kapasitas SDM perangkat desa, juga diharapkan turut bisa meningkatkan etos kerja. Sehingga, para perangkat desa tersebut bisa meningkatkan efesiensi serta efektifitas proses pelaksanaan tugas dalam rangka membangun desa.

Selain itu, hal lain yang diharapkan dari adanya peningkatan kapasitas SDM perangkat desa tersebut yaitu agar etos kerja perangkat desa juga meningkat terutama dalam transparansi pengelolaan anggaran dana desa (ADD) yang selama ini banyak disalahgunakan oleh oknum perangkat desa demi kepentingan pribadi.

"Kemajuan suatu desa itu tergantung pada perangkat desanya, mulai dari kepala desa hingga perangkat lainnya terutama mengelola anggaran. Dengan kapasitas dan etos kerja yang baik diharapkan penggunaan anggaran juga bisa bijak, transparan, bertanggung jawab, serta tepat sasaran, sehingga tercipta desa yang sejahtera," tutupnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru