Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KM Satya Kencana III Karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Begini Kronologinya

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Oktober 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - KM Satya Kencana III terguling dan karam di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, Rabu dini hari, 19 Agustus 2022.

Kepala KSOP Kumai Hary Suyanto membenarkan peristiwa tersebut. Ia menyampaikan bahwa tidak ada korban jiwa, namun ada beberapa kendaraan yang terperangkap di dalam kapal.

"Tidak ada korban jiwa, karena penumpang sudah turun dan tinggal proses bongkar atau menurunkan kendaraan," ujarnya.

Kronologi yang diterima dari Kepala PT. Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Kumai Agus Supriyanto, kejadian KM Satya Kencana III karam di Dermaga Utara Pelabuhan Panglima Utar Kumai, pada 19 Okt 2022. Yaitu pada saat pukul 00.00 WIB, kapal sandar di Kade Panglima Utar, dilanjutkan dengan embarkasi penumpang dan bongkar muatan.

Pada pukul 00.40 WIB, saat bongkaran ke 4 ada 1 unit truk besar (TB) nyangkut dipintu rampdoor, dan pada waktu bersamaan ada 1 truk besar roboh menyebabkan kapal miring dan air masuk ke kapal.

Lanjutnya, upaya pertama yang dilakukan yaitu menarik kapal dengan 2 Tugboat, dengan harapan kapal bisa kembali ke stabilitas, tapi air begitu derasnya masuk ke kapal, sehinhga tidak terkejar akhirnya kapal karam.

Sebelumnya sudah ada usaha dari kapal untuk mengurangi air yang masuk, dengan mengatur heling kapal dan menutup pintu - pintu kedap, tapi tidak terkejar sehingga nakoda memerintahkan crew kapal semua untik meninggalkan kapal.

"Muatan yang masih didalam kapal, yaitu 2 kendaraan kecil (KK), 8 truk besar (TB) dan 1 unit TB jatuh ke air, dan kami tegaskan kembali tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru