Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

69 Rafting Bamboo Bakal Ramaikan Festival Balayah Lanting

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 04 November 2022 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sebanyak 69 lanting (Rafting Bamboo) dan ratusan peserta siap meramaikan salah satu event kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau, yakni Festival Balayah Lanting (Fun Rafting Bamboo) yang digelar, Sabtu, 5 Oktober 2022. 

Diketahui, Festival Balayah Lanting di Sungai Delang berhasil menduduki puncak teratas dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Meigo Basel mengajak masyarakat dan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Kecamatan Delang, menyaksikan dan mengikuti Festival Belayah Lanting.

“Bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara jangan lewatkan festival Balayah Lanting 2022 di Kecamatan Delang, festival ini bakal menyajikan pesona alam yang sangat menarik,” kata Meigo di Nanga Bulik, Jumat, 4 November 2022.

Dijelaskan Meigo, pengunjung akan dapat menikmati sensasi unik ketika santai di atas Lanting Bambu atau Rafting Bamboo. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati fun tracking, fun selfie dan pameran foto.

“Festival Balayah Lanting juga akan menyuguhkan keramahtamahan penduduk lokal serta kehidupan tradisional masyarakat. Hal ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung,” sebutnya.

Meigo berharap, setelah selama kurang lebih dua tahun bidang pariwisata lesu karena pandemi Covid- 19, dengan gelaran tersebut diharapkan bisa kembali bergeliat.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Balayah Lanting 2022, Yosep Baharu mengatakan, secara umum persiapan telah terlaksana dengan baik.

“Kendala dapat diminimalisir, persiapan sudah lengkap termasuk tempat pelaksanaan. Harapanya dapat menarik minat pengunjung dan kembali menghidupkan pariwisata di Kabupaten Lamandau,” ungkapnya.

Yosep menyebut, jumlah peserta yang akan meramaikan Festival Balayah Lanting 2022 sebanyak 69 lanting, terdiri dari dinas badan, desa-desa di Kecamatan Delang, Forkompinda dan beberapa perorangan, termasuk disiapkan lanting khusus untuk Bupati Lamandau.

Menurutnya, warga setempat dapat mengampil peluang baik dengan penyiapan objek wisata yang sudah disupport Pemkab setempat seperti flying fox Desa Lopus dan spot selfie Bukit Lubang Kilat Desa Riam Tinggi, maupun kreatifitas swadaya seperti penjualan makan minum hingga cinderamata.

“Semoga saja pariwisata kita kembali bergeliat dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kita,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru