Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiap Desa Ditargetkan Miliki 6 Orang Relawan Pemadam Kebakaran

  • Oleh Noor Annisa
  • 14 November 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Hawianan menargetkan, tiap kecamatan, kelurahan dan desa memiliki relawan pemadam kebakaran minimal 6 orang.

Hal tersebut disampaikan saat launching pembentukan relawan pemadam kebakaran di Aula Bapelitbangda. Saat ini, kata dia, baru dibentuk di 3 kecamatan.

"Target kita sampai dengan tahun 2023 semua kecamatan, kelurahan dan desa sudah terbentuk dengan total pemadam kebakaran 1.212 orang," sebutnya, Senin, 14 November 2022.

Menurutnya, sudah menjadi ketentuan pemerintah bahwa setiap kecamatan, kelurahan dan desa untuk dibentuk relawan mengingat latar belakang daerah Kotim yang cukup luas, sedangkan pelayanan dalam menangani kebakaran tidak cukup hanya dari Disdamkarmat Kabupaten saja.

"Ke depan semoga pembentukan relawan ini berkelanjutan karena sangat membantu pemerintah daerah, terutama di bidang pemadaman kebakaran hutan dan lahan maupun nanti di bidang penyelamatannya juga nanti akan kita kembangkan," kata dia.

Dia melanjutkan, agar para relawan menjadi sumber daya manusia yang mumpuni meskipun dengan anggaran yang terbatas, pihak Disdamkarmat komitmen untuk terus melakukan pembinaan dan pelatihan.

"Namun masih ada juga pemerintah desa, kelurahan maupun Kecamatan juga diharapkan untuk memprogramkan kegiatan-kegiatan itu misalnya dari dana desa itu kalau tidak salah dengan pasal kebencanaan.Jadi, bisa diambil dari anggaran itu terutama untuk menyiapkan sarana prasarana," sambungnya.

Dia berharap, dengan dukungan dari pemerintah desa, kelurahan maupun kecamatan, pada tahun 2023 pembentukan relawan secara keselurah sudah bisa terlaksana.

"Kalau nanti sudah jalan, kami harapkan relawan ini untuk melayani yang di desa dan kecamatan masing-masing. Kalau misalnya mereka perlu bantuan Disdamkarmat akan membantu," ujarnya.

Pada launching relawan pemadam kebakaran Kabupaten Kotawaringin Timur tahun anggaran 2022 ini, baru diikuti 3 kecamatan, 9 kelurahan dan 7 desa dengan total peserta 158 orang. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru