Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mencicipi 5 Minuman Paling Populer di Turki

  • Oleh Wahyu Wulandari
  • 30 November 2022 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Turki - Minuman apa yang terlintas di kepala kamu ketika mendengar kata Turki Kebanyakan orang akan menyebut kopi atau teh. 

Tidak salah, Turki memang terkenal dengan kopi atau Turk kahvesi dan teh atau cay dalam bahasa Turki. Kedua minuman ini memang menjadi budaya masyarakat Turki. Mereka meminumnya di berbagai kesempatan. Misalnya setelah makan besar, atau saat bersantai dengan kolega di sela-sela jam istirahat. 

Berbeda dengan kopi dan teh di Indonesia yang disajikan dengan gula, di Turki minuman ini cenderung dinikmati tanpa gula, sade kahve atau sade cay dalam bahasa Turki. 

Namun, tidak hanya kopi dan teh yang populer di Turki. Ada banyak minuman dengan berbagai rasa yang mungkin belum pernah kamu jumpai. Berikut 5 minuman paling populer di Turki yang saya cicipi selain teh dan kopi.

1. Ayran

Ayran. Credit: Wikimedia
Ayran. Credit: Wikimedia

Sebelum ke Turki, saya sudah pernah mendengar minuman ini. Ayran merupakan minuman yang terbuat dari yogurt, biasanya disajikan dalam keadaan dingin. 

Pertama kali memesan ayran, saya mengira rasanya akan seperti minuman berbahan yogurt yang sering kita jumpai di Indonesia, segar, sedikit asam dan manis. 

Tapi tidak dengan ayran. Sangat bertolak belakang dengan ekspektasi saya. Rasanya asin, seperti susu yang difermentasikan lalu dibubuhi garam. 

Meskipun tidak cocok dengan lidah saya, dan mungkin sebagian besar orang Indonesia, minuman ini sangat bermanfaat bagi pencernaan. Masyarakat Turki sendiri sangat suka minum ayran. Ayran sangat lazim dijumpai di setiap rumah makan di Turki, sama populernya dengan es teh di Indonesia.

2. Salgam

Salgam. Credit: koleksi pribadi
Salgam. Credit: koleksi pribadi

Berita Terbaru