Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kursi Anggota DPRD Katingan Tetap 25 Orang,Ini Penjelasan Ketua KPU

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Desember 2022 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kursi anggota DPRD Kabupaten Katingan pada pemilu legislatif 2024 mendatang disebutkan tetap seperti sebelumnya, yakni 25 orang.

Pernyataan ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Katingan, Subandi di sela acara uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah Kabupaten Katingan pada pemilu 2024 di Aula Hotel Citra Kasongan, Selasa, 13 Desember 2022.

"Jadi sebagaimana tadi sudah disampaikan karena memang sesuai perhitungan jumlah penduduk, maka dari hasil simulasi yang kita lakukan, kita masih akan tetap ada tiga dapil (daerah pemilihan) dengan jumlah kursi tetap 25 orang, tidak ada penambahan,"  Ketua KPU Katingan, Subandi. 

Dia menuturkan, hasil simulasi tersebut selanjutnya akan diteruskan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kalteng. "Ini nanti akan ditetapkan oleh KPU RI, dan bahan itu pula nantinya sebagai bahan dalam rangka pencalonan anggota DPR, terutama DPRD Kabupaten Katingan," katanya. 

Ditanya terkait kesiapan, Subandi mengatakan jika sejauh ini pihaknya sudah mulai melaksanakan persiapan, termasuk nantinya menggunakan silon atau sistim pencalonan, juga sudah membentuk operator untuk silon.

"Saat ini memang sudah mulai tahapan bimbingan teknis oleh KPU RI, sehingga nanti setelah penetapan tanggal 14 Desember 2022 penetapan peserta pemilu hasil verifikasi kemarin. Setelah itu, nanti parpol menyiapkan para calonnya dan kita menyiapkan secara administrasi di Kabupaten Katingan," tutur Subandi. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru