Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DWP Miliki Peran Strategis dalam Pembangunan

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Desember 2022 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menyebut organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan organisasi terbesar di Indonesia yang mengambil peran paling strategis dalam pembangunan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hendra saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) DWP Kabupaten Lamandau ke-23 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang, Nanga Bulik. Selasa, 20 Desember 2022.

“Peringatan HUT DWP hakikatnya merupakan wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kiprah dan pengabdian perempuan dalam kehidupan keluarga, masyarakat,  bangsa dan negara,” ucapnya.

Menurut Bupati, peran DWP dalam mendukung pembangunan menjadi bagian penting, dimana anggotanya dapat menuangkan ide, gagasan dalam pembangunan melalui komunikasi langsung yang dapat memberikan dampak positif

Dalam perjalanannya, lanjut Hendra, anggota DWP dituntut untuk mampu meningkatkan kualitas SDM sekaligus mengemban amanat yang diberikan sesuai visi misi organisasi.

“Saat ini, Kemenkominfo mendorong pemberdayaan dan partisipasi digital perempuan. Beberapa program diantaranya pengembangan startup, transformasi digital dengan inklusif, memberdayakan dan berkelanjutan, gerakan nasional literasi digital yang aktif melakukan training, pendampingan dan webinar digital entrepreneurship,” kata Bupati Lamandau.

Sementara itu, Ketua DWP Kabupaten Lamandau, Endah Rahayuningsih menyampaikan, setiap anggota DWP diharapkan dapat memahami esensi sejarah pembentukan organisasi yang memiliki semangat yang sama.

“Pemahaman akan peran kita sebagai anggota DWP menjadi modal dasar melangkah ke depan, dan mampu menjadi penggerak bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, tantangan dihadapi perempuan masa kini berbeda dengan jaman dahulu, namun semangat kepemimpinan dan gotong royong untuk mewujudkan emansipasi perempuan dan kekuatan perempuan didalam masyarakat berkontribusi besar bagi keluarga sebagaimana telah diupayakan dan terus dikembangkan.

“Salah satu cara agar kita dapat melanjutkan semangat ini, maka kita harus meningkatkan kapasitas dan kualitas diri kita masing-masing. Kita buktikan bahwa anggota DWP adalah ibu yang hebat dan perempuan yang cerdas sebagai penentu kualitas keluarga dan masyarakat,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/B-11)

Berita Terbaru