Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fordayak Gugat Otorita IKN Nusantara Karena Ini

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Januari 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Salah satu ormas dayak di pulau Kalimantan yakni Fordayak Kota Palangka Raya menggugat Otorita IKN Nusantara karena dianggap tidak memperhatikan keberadaan masyarakat Dayak yang ada.

Diketahui adanya seleksi jabatan setingkat Direktur dan Kepala Biro di IKN Nusantara tidak ada satupun keterwakilan orang Dayak untuk menduduki sejumlah jabatan strategis itu. Hal ini tentunya sangat disayangkan, padahal IKN berada di pulau Kalimantan.

"Kami menilai sikap Otorita IKN Nusantara ini memandang orang Dayak hanya sebelah mata dan hanya ingin menjadikan masyarakat Dayak sebagai penonton saja. Tentu kami merasa kecewa, jangan jadikan orang Dayak hanya sebagai penonton di daerahnya sendiri," ucap Ketua Harian DPD Fordayak Kota Palangka Raya, Rintis Santana, Kamis, 12 Januari 2023.

Rintis mengatakan, pihaknya sangat mendukung pernyataan sikap dari Sekretaris Jenderal Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Yakobus Kumis yang menyebut bahwa percuma IKN ada di pulau Kalimantan jika orang Dayak hanya dijadikan penonton dan tidak diberikan kepercayaan untuk mengisi sejumlah jabatan di struktur pemerintahan IKN.

"Penyataan bapak Sekjen MADN memang benar adanya, percuma IKN ada di pulau Kalimantan jika orang asli Dayak tidak diperhatikan juga, hanya dijadikan penonton saja. Kurang apa kita ini, orang Dayak juga banyak yang pintar atau memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan SDM luar," tuturnya.

Rintis mengungkapkan, dari semenjak Otorita IKN menyelenggarakan kegiatan persiapan pembangunan atau pemindahan IKN ke Kalimantan Timur (Kaltim) serta penyelenggaraan pemerintahan daerah khususnya IKN dibentuk tidak ada sama sekali perhatian terhadap orang Dayak Kalimantan.

Seperti halnya jabatan penting ditubuh TNI, Polri, serta jabatan struktural pemerintahan tidak ada sama sekali penempatan orang Dayak. Maka dari itu pihaknya mendesak agar masyarakat Dayak termasuk ormas supaya dilibatkan dalam berbagai aspek pembangunan di IKN baik di pemerintahan, perekonomian, UMKM, pertahanan keamanan, pelestarian adat dan budaya.

"Masyarakat Dayak sebagai penduduk lokal di lokasi IKN harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN tersebut. Maka dari itu, Otorita IKN juga harus memberikan kesempatan bagi orang Dayak dalam berbagai bidang pembangunan, serta mempersiapkan penduduk lokal dan membekali mereka dengan berbagai pelatihan," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru