Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim Palangka Raya Tingkatkan Peran Babinsa Bantu Cegah Stunting

  • Oleh Hendri
  • 19 Januari 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kodim 1016 Palangka Raya memperkuat peran para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk membantu pemerintah daerah setempat dalam program intervensi dan pencegahan stunting.

"Salah satu upaya itu dengan memberikan pelatihan kepada para Babinsa dalam mengekstrak albumin ikan gabus," kata Kasdim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Abdul Salim, Kamis, 19 Januari 2023.

Para Babinsa diajari mengekstrak kandungan albumin pada ikan gabus menjadi suplemen. Karena albumin juga sangat baik untuk memperbaiki sel rusak sehingga proses pertumbuhan pada anak tidak akan terhambat.

Manfaat lain dari albumin pada ikan gabus adalah dapat membantu mengatasi kekurangan gizi pada anak. Albumin akan membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi dari makanan bergizi yang dikonsumsi.

Sementara itu, kekurangan albumin pada masa pertumbuhan juga dapat memicu pertumbuhan sel yang lambat, dampaknya pertumbuhan anak menjadi kurang normal.

Abdul Salim mengatakan, pelatihan pengolahan ekstrak albumin ikan gabus merupakan penerapan teknologi diversifikasi produk olahan produk perikanan dengan memanfaatkan potensi lokal.

Pihaknya juga juga menargetkan, tindak lanjut pelatihan ini akan terbentuk peluang pengembangan usaha kreatif yang mengarah terhadap terbentuknya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis ikan gabus.

"Jadi selain sebagai bentuk keterlibatan dalam upaya intervensi stunting, pelatihan ekstraksi albumin ikan gabus ini juga bertujuan menumbuhkan UMKM dengan hasil berbagai produk berbahan dasar ikan gabus. Para Babinsa akan melakukan pendampingan," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru