Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ibadah Syukur Klenteng Harmoni Kehidupan Sampit Puncak Perayaan Imlek 2574 Kongzili

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 Januari 2023 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Klenteng Harmoni Kehidupan Sampit di Jalan MT Haryono, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan ibadah syukur awal tahun sebagai puncak perayaan Imlek 2574 kongzili pada Minggu malam, 22 Januari 2023.

Minggu malam tampak beberapa jemaah dijemput menggunakan mobil milik Klenteng. Jemaah yang tersebar di sekitar Kotawaringin Timur ini sebagian besar tidak memiliki kendaraan pribadi, sehingga pihak Klenteng memberikan fasilitas penjemputan. Jemaah-jamaah ini antusias mengikuti ibadah syukur di Klenteng Harmoni Kehidupan. 

"Tadi yang kita laksanakan itu doa syukur peringatan Tahun Baru Imlek 2574 kongzili," kata Tokoh Agama Konghucu Suhardi, Minggu, 22 Januari 2023.

Meskipun ibadah agak mundur dari waktu yang telah dijadwalkan, jemaah tampak hikmat dan meresapi setiap doa yang dipanjatkan. Doa khusus pada malam puncak perayaan imlek ini merupakan wujud syukur dan pengharapan masyarakat Konghucu.

"Doa khususnya yang pertama esensi daripada doa itu kita mensyukuri apa yang telah Tuhan karuniakan sepanjang tahun yang lalu dan memohon diberi kekuatan kemampuan untuk menghadapi menjalani tahun yang akan datang," kata Suhardi. 

Selain ibadah syukur yang dipimpin langsung oleh Suhardi, tampak masyarakat mengunjungi Klenteng dengan tujuan melakukan ibadah pribadi di altar para malaikat. Pengunjung silih berganti sejak pagi hingga malam hari untuk memanjatkan doa awal tahun kepada malaikat-malaikat agama Konghucu. 

Perayaan Imlek tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya. Masyarakat lebih antusias dan tidak takut untuk menjalankan aktivitas doa di Klenteng Harmoni Kehidupan. Tampak salah satu pengunjung telah usai melakukan sembahyang di altar para malaikat. 

"Imlek tahun ini lebih ramai ya dari tahun lalu karena mungkin tidak ada PPKM lagi. Kami sangat bersyukur tidak ada rasa takut untuk berkumpul seperti ini. Kami baru saja memanjatkan doa pribadi dan ini akan mengikuti ibadah syukur bersama-sama," kata salah satu jemaah Anita.

Suhardi bersyukur perayaan imlek di Klenteng Harmoni Kehidupan berjalan dengan lancar dengan kondusif. Ia menyebut, ini tidak lepas dari pengamanan Polsek Mentawa Baru Ketapang yang mengawal peribadahan sejak pagi.

"Tentunya saya atas nama badan majelis pun berterima kasih dan kepada seluruh aparat terkait yang telah mensukseskan turun membantu acara ini dengan baik," ujarnya. 

Berita Terbaru