Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bhabinkamtibmas Polres Kobar Siap Wujudkan Target Nasional Penurunan Persentase Stunting

  • Oleh Wahyu Krida
  • 31 Januari 2023 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna melaksanakan instruksi Presiden RI untuk menurunkan angka stunting di Indonesia tahun 2024 hingga 14 persen, saat ini berbagai pihak terkait berkolaborasi guna mewujudkan target tersebut.

Polres Kotawaringin Barat (Kobar), menggelar sosialisasi penanganan stunting terhadap anggota Bhabinkamtibmas dan petugas Tim Pendamping Keluarga (TPK) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Kobar.

Usai pembukaan kegiatan sosialisasi, Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menjelaskan lantaran upaya menurunkan angka stunting sudah masuk Rencana Aksi Nasional, saat ini pihak terkait sudah dilibatkan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Agar kedepan bisa disinkronkan antar petugas di lapangan. Jadi TPK yang bertugas bisa bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugasnya. Khusus untuk diwilayah tugas Polres Kobar kami telah membuat program yaitu Kobar Penting atau Polres Kobar peduli stunting untuk membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting," jelas Kapolres.

Tentunya sebelum menjalankan tugas, anggota Bhabinkamtibmas dan TPK harus mengetahui apa saja yang harus dilakukan dalam hal menurunkan dan mencegah terjadinya stunting dilingkungan tugasnya.

"Karena itulah sosialisasi ini dilakukan. Jangan sampai petugas yang bergerak dilapangan tidak mengerti apa yang harus dilakukannya. Selain itu agar koordinasi antar petugas bisa terjalin dengan baik, pastinya petugas TPK dan Bhabinkamtibmas harus saling mengenal. Sehingga tugas dilapangan bisa dilaksanakan sesuai target," jelas Kapolres.

Ditempat yang sama, Kabid Keluarga Berencana Dinas P3AP2KB Kobar Jamin Ginting menjelaskan pihaknya sangat mengapresiasi adanya kerjasama dengan Polres Kobar khususnya anggota Bhabinkamtibmas dalam mencapai target penurunan stunting sesuai petunjuk Presiden.

"Berdasarkan data tahun 2022 persentase stunting di Kabupaten Kobar sudah mencapai 21,1 persen. Pastinya kolaborasi Bhabinkamtibmas dengan 208 petugas TPK sangat  membantu kami, guna mencapai target nasional tersebut pada tahun 2024," jelas Jamin Ginting. (WAHYU KRIDA/H)

Berita Terbaru