Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPTD BLK Kotawaringin Barat Buka Pelatihan, Ini Jadwal Pendaftaran dan Syaratnya

  • Oleh Nurita Fitriyastuti
  • 08 Februari 2023 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membuka program rutin yaitu pelatihan di bawah pembinaan BBPVP Bekasi.

Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Bekasi (BBPVP) membawahi semua UPTD yang ada di Kalimantan Tengah, termasuk di Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Setiap tahun kita mengajukan program kepada mereka, nanti mereka akan menyetujui berapa program yang kita minta. Nah, untuk tahun 2023, kira-kira ada 9 paket pelatihan" kata Kepala UPTD BLK Kobar, Adhy Niken, Rabu, 8 Februari 2023. 

Dia menuturkan, program pelatihan dibuka setiap tahun sesuai minat, kebutuhan dan fasilitas yang ada di UPT BLK Kabupaten Kobar. "Pada dasarnya, balai latihan kerja itu ada alatnya dulu dan instrukturnya. Jadi nanti pelatihannya menyesuaikan peralatan dan instrukturnya, karena nanti ada uji kompetisi untuk peserta yang sudah dilatih" ungkapnya.

Ia melanjutkan, dalam pelatihan itu, peserta akan diuji langsung oleh ahlinya dari pihak Bekasi. Selanjutnya, berhak mendapatkan mendapatkan sertifikat jika lulus uji kompetensi. 

Dia menuturkan, tujuan pelatihan tersebut untuk meningkatkan skill (keahlian) peserta agar dapat mencapai target masing-masing individu, baik membuka usaha sendiri maupun melamar di perusahaan yang memang dirinya sudah siap bekerja. 

"Meningkatkan ekonomi masyarakat, mengurangi pengangguran dengan pelatihan tadi. Jika pelatihan itu berhasil, maka ekonomi masyarakat semakin meningkat, pengangguran juga akan berkurang," paparnya. 

Pendaftaran dibuka mulai 1 sampai 17 Februari 2023. Pendaftar bisa langsung mendaftar ke kantor BLK Kobar di Jalan Malijo, Kelurahan Madurejo, Pangkalan Bun.

Ada 9 program pelatihan oleh UPT BLK Kobar tahun 2023. Di antaranya, service sepeda motor injeksi, tata kecantikan rambut, pembudayaan sayur hidroponik, bakery, desain grafis muda, operator komputer muda, pengelola administrasi perkantoran, menjahit pakaian dengan mesin dan menjahit kebaya.

Untuk persyaratan peserta antara lain, pria/wanita usia mininal 18 tahun, pendidikan minimal SMP, SMA/SMK, berbadan sehat, fotocopy Ijazah 1 lembar, fotocopy KTP 1 lembar dan pas foto 3x4 (2 lembar, latar belakang merah).

Adhy Niken menegaskan, pelatihan ini tidak dipungut biaya. Masyarakat dapat mengikuti tanpa perlu khawatir. Untuk informasi selanjutnya, bisa kunjungi Instgaram @blkkotawaringinbarat atau menghubungi nomor kontak 082250876120. (NURITA/Y)

Berita Terbaru