Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Ingatkan Seleksi Komisioner KPU Harus Transparan

  • Oleh Donny Damara
  • 09 Februari 2023 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengingatkan kepada pihak terkait agar seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng yang tengah berproses saat ini dapat konsisten terlaksana secara transparan dan sesuai mekanisme yang berlaku.

Dia mengatakan, tugas dan tanggung jawab komisioner KPU itu tidak mudah. Sehingga, melalui proses seleksi yang berjalan dengan transparan nantinya dapat terpilih komisioner yang mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara konsisten dan optimal dalam penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu).

"Saya yakin proses seleksi komisioner KPU akan berlangsung secara transparan dan sesuai mekanisme. Apalagi panitia seleksinya itu kan berasal dari kalangan akademisi yang memiliki wawasan luas terkait tugas dan fungsi penyelenggara pemilu," katanya, Kamis, 9 Februari 2023.

Dirinya berharap, panitia seleksi dapat menyaring setiap kandidat komisioner secara tepat. Kemampuan dan wawasannya terhadap penyelenggaraan pemilu harus diperhatikan, mengingat tahapan pemilu 2024 sudah berlangsung, sehingga komisioner terpilih nantinya bisa langsung beradaptasi dan bekerja.

Di sisi lain, salah satu hal yang perlu menjadi fokus perhatian komisioner terpilih nantinya yakni mengenai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Sebab, keberadaan dan peran pantarlih ini termasuk krusial dalam memastikan masyarakat yang telah memenuhi syarat menjadi pemilih, harus benar-benar terdata.

"Pendataan ini penting supaya pelaksanaan pemilu di daerah kita yaitu Kalteng bisa berjalan baik dan sukses. Itulah kenapa perlu ada komisioner yang berintegritas, jujur, mampu menjaga independensi, serta memahami tugas dan tanggungjawabnya," tegasnya. (DONNY D/R)

Berita Terbaru