Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan MB Ketapang Lakukan Simulasi Penanganan Karhutla

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 15 Februari 2023 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kecamatan Mentawa Baru Ketapang (MB Ketapang) melakukan simulasi penanganan bencana kebakaran lahan dan hutan di halaman kantor kecamatan, Rabu, 15 Februari 2023.

Simulasi tersebut melibatkan Polsek, Koramil, Disdamkar Mat, BPBD, manggala agni dan tim relawan dari 11 kelurahan/desa yang hadir pada apel siaga bencana Kecamatan MB Ketapang. 

Tampak tumpukan kayu yang diibaratkan sebagai titik api karhutla menyala. Diceritakan dalam simulasi tersebut terdapat korban dari masyarakat sipil dan petugas pemadam kebakaran yang langsung di bawa ambulan menuju fasilitas kesehatan terdekat. Suara sirine pun manambah keseriusan petugas dalam melakukan simulasi. 

Dalam simulasi tersebut, kebakaran tak terkendali sehingga Camat MB Ketapang Eddy Hidayat Setiadi harus turun untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten. Hingga pada akhirnya kebakaran dapat dijinakkan dengan sinergitas semua pihak.

Camat MB Ketapang berterimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat simulasi Karhutla.

"Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak baik itu dari Polsek, Koramil, BPBD, Manggala Agni dan relawan lain yang hari ini sudah hadir berpartisipasi bahkan tadi melakukan simulasi kebakaran," ujarnya. 

Simulasi ini sebagai wujud kesiap siagaan wilayah MB Ketapang untuk menghadapi bencana karhutla dimana tahun ini merupakan siklus 4 tahunan bencana tersebut. Tahun ini juga BMKG telah memprediksi kemarau panjang akan melanda, sehingga khususnya wilayah MB Ketapang yang sebagian besar wilayahnya lahan gambut rawan terjadi kebakaran. (DEWI PATMALASARI/Y) 

Berita Terbaru