Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembentukan Peraturan Daerah Harus Memasukan Nilai Pancasila

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 Februari 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia atau ADEKSI, Sigit Karyawan Yunianto mengatakan bahwa dalam pembentukan Peraturan Daerah atau Perda, tiap-tiap DPRD dapat memasukkan nilai-nilai Pancasila seperti toleransi, musyawarah mufakat, Bhinneka Tunggal Ika dan lain-lain.

"Toleransi, musyawarah mufakat, Bhinneka Tunggal Ika dan sebagainya itu kan bagian dari nilai-nilai Pancasila sehingga kita harapkan dalam penyusunan Perda, seluruh DPRD di Indonesia dapat memasukkannya," kata Sigit pada Senin, 27 Februari 2023.

Menurut Sigit, ADEKSI selalu berharap agar setiap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota dapat memperoleh dan melaksanakan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang baik dan tepat.

"Harusnya ada pelatihan pembinaan ideologi Pancasila, kami minta ini benar dilakukan pada setiap DPRD Kota, yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan jadi tidak hanya sekali," tutur Ketua DPRD Kota Palangka Raya ini lagi.

Menurutnya, sebagai wakil rakyat, sudah seharusnya para anggota bahkan pimpinan DPRD menjadi contoh dalam penerapan nilai-nilai Pancasila dalam aktivitas sehari-hari.

"Kalau aktivitas terdekat DPRD kan pembentukan Perda. Maka saya berharap roh Pancasila dapat masuk menjadi sebuah landasan dalam pembuatan Perda di seluruh Indonesia, agar pemerataan kesejahteraan rakyat dapat tercipta," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/J)


TAGS:

Berita Terbaru