Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengadaan Satelit Kemenhan Rugikan Negara Rp453,09 Miliar

  • Oleh ANTARA
  • 03 Maret 2023 - 08:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Penuntut koneksitas yang terdiri dari jaksa penuntut umum (JPU) dan oditur militer menyebutkan pengadaan satelit slot Orbit 123 derajat Bujur Timur (BT) pada Kementerian Pertahanan periode 2012--2021 mengakibatkan kerugian negara senilai Rp453.094.059.540,68.

"Terdakwa I Laksamana Muda TNI Purnawirawan Agus Purwoko selaku Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan pada Kementerian Pertahanan RI (Kemenhan) periode Agustus 2012--September 2016 bersama-sama dengan terdakwa II Arifin Wiguna dan terdakwa III Surya Cipta Witoelar dan Thomas Anthony Van Der Heyden melakukan perbuatan secara melawan hukum yang merugikan keuangan negara sebesar Rp453.094.059.540,68," kata penuntut koneksitas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada Kamis.

Arifin Wiguna adalah Komisaris Utama PT Dini Nusa Kusuma (DNK), Surya Cipta Witoelar merupakan Konsultan Teknologi PT Dini Nusa Kusuma (DNK) periode 2015 - 2016 dan Direktur Utama PT DNK periode 2016 - 2020, sedangkan Thomas Anthony Van Der Hyeden adalah warga negara Amerika Serikat yang menjadi Senior Advior PT DNK periode 2015 - 2018.

Awalnya Satelit Garuda-1 mengalami keadaan yang tidak normal (thruster anomalies) dan bahan bakar (hydrazine) juga telah habis sehingga satelit tidak dapat bermanuver untuk menjaga stasiun (station keeping) tetap di slot orbitnya, sehingga direkomendasikan penonaktifan (decommission) Operasi Satelit Garuda-1.

Arifin Wiguna yang mengatahui Satelit Garuda-1 mengalami deorbit dari Slot Orbit 123 derajat BT kemudian mengirimkan surat atas nama PT DNK ke Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) saat itu Rudiantara untuk pengembangan slot orbit.

Namun, Rudiantara menyatakan pengelolaan Slot Orbit 123 derajat BT telah diserahkan kepada Kemenhan.

Kemudian Arifin Wiguna bersama Surya Cipta Witoelar dan Thomas Anthony menemui Laksma Agus Purwoto selaku Dirjen Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan RI (Kuathan) dan menjelaskan langkah PT DNK untuk penyelamatan Slot Orbit 123 derajat BT dan dukungan konsultan ahli satelit dan para investor, dengan pembagian 40 persen untuk kepentingan Kemenhan dan sisanya 60 persen untuk kepentingan komersial.

Agus Purwoto menyatakan tidak mampu dan tidak berencana untuk pengadaan satelit pada Slot Orbit 123 derajat BT karena Kemenhan tidak mempunyai anggaran dan tidak memiliki tim yang memahami mengenai satelit namun Arifin Wiguna tetap meyakinkan Agus Purwoto untuk mengelola slot orbit 123 derajat BT demi menyelamatkan kedaulatan negara.

"Sehingga terdakwa I Laksma AGus Purwoto bersedia untuk mengelola slot orbit 123 derajat BT bersama dengan PT DNK," tambah penuntut koneksitas.

Ketiganya juga mengatakan bahwa slot Orbit 123 derajat BT akan hilang apabila tidak diperjuangkan oleh Kemenhan sebagai operator tidak berfungsi apabila tidak memiliki spektrum yang pembagian-nya diatur dalam Operator Review Meeting (ORM).

Berita Terbaru