Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Infrastruktur Mendominasi Usulan Masyarakat Sejumlah Desa di Mura

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Maret 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Henry mengatakan selama dirinya melaksanakan reses di Kabupaten Murung Raya (Mura), pembangunan infrastruktur mendominasi usulan masyarakat sejumlah desa di daerah tersebut.

"Sebenarnya banyak usulan selain infrastruktur seperti bantuan pada sektor usaha, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Tapi yang memang mendominasi itu pembangunan infrastruktur baik jalan dan jembatan maupun jaringan listrik," katanya, Rabu, 8 Maret 2023.

Henry menjelaskan, bukan tanpa alasan pembangunan infrastruktur menjadi hal yang kerap menjadi aspirasi masyarakat, sebab khususnya di Mura rata-rata wilayah pedesaan disana belum memiliki infrastruktur jalan atau jembatan yang memadai bahkan tidak ada sama sekali jalur darat.

"Seperti wilayah pedesaan yang saya kunjungi saat reses, untuk sampai kesejumlah desa harus melewati jalur sungai menggunakan perahu atau kelotok. Begitu juga keberadaan jaringan listrik banyak yang belum ada. Jadi, inilah mengapa aspirasi itu mendominasi," ucapnya.

Henry menyebut, keberadaan infrastruktur jalan dan jembatan sangat penting terlebih penghubung antar desa maupun kecamatan, sebab hal itu mempengaruhi sejumlah aspek baik perekonomian, pendidikan, kesehatan dan yang paling penting yakni untuk mempercepat pembangunan jaringan listrik.

"Tidak adanya infrastruktur yang memadai membuat akses menjadi sulit, dan itu mempengaruhi terhadap harga barang misalnya yang dijual mahal disana karena memang biaya distribusinya tinggi. Begitu juga dengan hal lainnya, tentu ini harus dapat diperhatikan," ujarnya.

Henry berharap, hasil reses yang telah pihaknya laksanakan ini nantinya dapat dijadikan pemerintah khususnya Provinsi Kalteng menjadi acuan pembangunan kedepan, sehingga tidak hanya wilayah perkotaan saja yang diperhatikan tapi juga wilayah pelosok atau pedesaan.

"Hasil ini nanti akan kita sampaikan kepada pemerintah untuk selanjutnya bisa ditindak lanjuti atau direalisasi. Harapan kita pembangunan bisa lebih merata lagi terutama infrastruktur, sebab itu merupakan salah satu kebutuhan masyarakat di daerah," imbuhnya. (DONNY D/J)


TAGS:

Berita Terbaru