Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Sumbang Serapan Tenaga Kerja Nasional

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 Maret 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Nuryakin menekankan peran penting UMKM dalam perekonomian, termasuk tenaga kerja nasional.

“UMKM memiliki peranan yang penting dan strategis untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, khususnya pada periode krisis sebagaimana Covid-19,” ungkapnya di Halaman Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Selasa, 14 Maret 2023.

Ia menyampaikan dengan jumlahnya mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha, kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto juga mencapai 60,5 persen

“Terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional,” ungkapnya.

Nuryakin menuturkan pengembangan UMKM menjadi salah satu fokus pemerintah dan telah tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.

Kewirausahaan dan UMKM dikuatkan dengan area prioritas pengembangan sumber daya manusia, peningkatan akses ke jasa keuangan, meningkatkan nilai tambah produk, dan deregulasi peraturan dan kebijakan untuk mendukung UMKM.

Dia berharap Sinergi Kemenkeu Satu, khususnya di Kalteng dapat mendukung UMKM di Kalteng dapat lebih berkembang dan memberikan kontribusi yang besar untuk perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Dukungan ini sangat diharapkan, khususnya pada saat ini dimana UMKM masih dalam tahap pemulihan setelah terdampak pandemi Covid-19,” tuturnya. (HERMAWAN DP/J)


TAGS:

Berita Terbaru