Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Tujuan Sosialisasi Peningkatan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik dalam Ketahanan Masyarakat

  • Oleh Uriutu
  • 15 Maret 2023 - 15:21 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat, di aula Bappeda, Rabu, 15 Maret 2023.

“Kita menyambut baik sosialisasi ini. Karena tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan generasi muda khususnya pemuda desa agar bisa berpartisipasi secara maksimal dalam sistem politik,” kata Asisten III Setda Barsel, Mirwansyah usai membuka kegiatan.

Slain itu juga agar para pemuda desa dapat berfikir secara sadar dan rasional dalam pengambilan keputusan politik serta penggunaan hak politiknya.

Dengan demikian diharapkan agar bisa meningkatkan pemahaman politik yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Serta agar berbangsa dan bernegara dapat berjalan dengan baik, sehingga terbentuk sikap, perilaku dan orientasi politik masyarakat.

“Khususnya bagi para generasi muda desa sesuai tujuan politik yang dapat menjadikan individu partisipan politik yang bertanggung jawab,” jelas dia.

Ia berharap para pemuda mampu membawa perubahan dalam demokrasi dan politik terkait Pemilu tahun 2024 mendatang.

Sementara Kabid Pemberdayaan SDA, Kawasan Pedesaan dan Ketahanan Masyarakat pada DPMD Kalteng, Fathuddin Noor kegiatan sosialisasi ini untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda terhadap politik.

“Karena selama ini orang beranggapan bahwa politik itu negatif. Padahal sangat bagus untuk memberikan pembelajaran bagi generasi muda khususnya bagi pemilih pemula,” jelas dia.

Sebab para pemilih pemula ini masih minim pengetahuan  seperti apa pemilihan umum dan sebagainya.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan generasi muda memahami haknya dalam berpolitik untuk ketahanan masyarakat. Artinya jangan sampai karena politik terjadi perpecahan,” ucap dia.

Sekretaris DPMD Provinsi Kalteng, Etty Aprilya menambahkan saat ini banyak sekali berita-berita hoax, ujaran kebencian dan provokasi di media sosial, baik di facebook, instagram dan lain sebagainya.

“Tujuan sosialisasi ini agar para generasi muda bisa memilah dan memilih yang mana berita yang benar dan bisa kearah yang negatif dalam berpolitik,” kata dia. (URIUTU DJAPER)

Berita Terbaru