Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Masih Hadapi Tantangan Inflasi

  • Oleh Testi Priscilla
  • 16 Maret 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh mengatakan bahwa saat ini Kalteng masih menghadapi tantangan inflasi.

"Kondisi global, nasional, maupun regional Kalteng saat ini masih menghadapi beberapa tantangan inflasi," kata Taufik dalam rilis kepada Borneonews pada Kamis, 16 Maret 2023.

Menurut Taufik, hal ini juga disampaikannya kemarin Rabu, 15 Maret 2023 dalam kegiatan High Level Meeting atau HLM di Ruang Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah.

"Kemarin Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID bersama Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah atau TP2DD Provinsi Kalimantan Tengah telah melaksanakan High Level Meeting atau HLM dalam rangka koordinasi dan sinergi terkait perkembangan inflasi dan digitalisasi menjelang HBKN Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H," jelas Taufik lagi.

Berdasarkan hasil rilis Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah, lanjut Taufik, inflasi gabungan Kalteng pada Februari 2023 tercatat 0,10% (mtm) menunjukan penurunan dibandingkan Januari 2023 yang sebesar 0,13% (mtm).

"Tingkat inflasi ini lebih tinggi dibandingkan Februari 2022 yang deflasi 0,01% (mtm) menunjukan adanya tekanan yang meningkat seiring pencabutan PPKM," jelas Taufik.

Inflasi periode Februari 2023 menurut Taufik utamanya didorong oleh kenaikan harga beras seiring belum masuknya masa panen raya dan cuaca ekstrem yang mengganggu produksi padi. Selain itu, rokok kretek filter juga menjadi pendorong inflasi seiring kebijakan kenaikan cukai rokok oleh pemerintah. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru