Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kearsipan Penting Dalam Penyajian Informasi

  • Oleh Rudi Ahmadi
  • 21 Maret 2023 - 05:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas potensi sumber daya manusia serta sarana dan prasarana terus dilakukan.

Dengan menggelar bimbingan teknis pengelolaan arsip dinamis tahun 2023, di Aula Mess Pemda setempat. Kepala DPK Kabupaten Pulpis Sopiyah menyampaikan dilaksanakannya kegiatan tersebut berdasarkan UU RI Nomor 43 Tahun 2009.

“Perlu diketahui bersama bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima,” katanya.

Lanjut dia, baik oleh lembaga negara, Pemda, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Yang demikian secara umum arsip memiliki fungsi untuk penunjang aktivitas administrasi yang bertujuan untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya menjamin kepentingan negara dan hak kedataan rakyat.

Meski demikian diakui Sopiyah bahwa hingga saat ini penyajian dan pengolahan arsip, baik di instansi dan pemerintahan desa masih rendah yang disebabkan kurang dan rendahnya tenaga tentang pengolahan arsip.

"Kearsipan ini tentunya sangat penting dalam penyajian informasi dalam merumuskan suatu kebijakan dan membuat suatu keputusan bagi pimpinan instansi dan desa, sehingga kita DKP akan berupaya meningkatkan hal tersebut dengan menggelar bimbingan teknis pengelolaan arsip dinamis,” tandasnya. (ahm) 


TAGS:

Berita Terbaru