Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tekan Angka Pengangguran, Gencarkan Pelatihan Kerja Secara Berkelanjutan

  • Oleh Donny Damara
  • 12 April 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dalam rangka untuk menekan angka pengangguran, Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, HM Sriosako meminta kepada pemda di provinsi ini melalui instansi terkait supaya dapat menggencarkan pelatihan kerja secara berkelanjutan.

Menurutnya, pelatihan kerja berkelanjutan sangat penting agar nantinya masyarakat terutama para pencari kerja bisa menjadi tenaga kerja yang siap pakai karena sudah memiliki kemampuan dari pembekalan yang telah diberikan.

"Pemda dalam hal ini Disnaker perlu menggencarkan program pelatihan dan itu agar dilakukan secara berkelanjutan. Pelatihan ini penting untuk meningkatkan kapasitas SDM tenaga kerja siap pakai," ucapnya, Rabu, 12 April 2023.

Selain itu, dirinya pun turut mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Disnaker Kota Palangka Raya, di mana telah menggelar program pelatihan kerja bagi masyarakat, sehingga hal itu sangat bermanfaat bagi para pencari kerja khususnya di Kota Palangka Raya.

"Pastinya dengan adanya pelatihan itu akan melahirkan SDM yang handal, siap kerja serta memiliki skill sehingga mampu bersaing kedepannya. Saya rasa daerah lain juga perlu melakukan hal yang sama seperti mencanangkan program pelatihan ini," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Disnaker Kota Palangka Raya, Mesliani Tara mengatakan di tahun 2023 ini ditargetkan pelaksanaan 12 paket pelatihan kerja yang dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Kota Palangka Raya.

"Melalui pelatihan ini tujuannya yaitu untuk mengurangi angka pengangguran sekaligus menciptakan peluang kerja bagi masyarakat khususnya pencari kerja di Kota Palangka Raya," ungkapnya.

Ia menerangkan, paket pelatihan kerja tersebut terbagi dalam beberapa bidang, di antaranya pelatihan otomotif, sepeda motor dan mobil, mebel, listrik, tata rias kecantikan, servis AC, komputer, pengoperasian mesin bubut dan teknik bangunan. (DONNY D/H)

Berita Terbaru