Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masih Masa Peralihan, Kalteng Diprediksi Masuk Kemarau Juni 2023

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 28 April 2023 - 09:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan saat ini sebagian besar wilayah Kalteng masih dalam masa peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Masa peralihan ini diprediksi masih akan terjadi sampai Bulan Mei mendatang di beberapa wilayah di provinsi Kalteng.

“Kita prediksi masih masuk masa peralihan sehingga curah hujan masih cukup banyak kalau dilihat dari gambar liputan lahan, warnanya masih biru artinya masih basah,” kata Kepala BMKG Kalteng, Catur Winarto dalam keterangannya saat Rapat Pembahasan terkait Kerawanan Kebakaran di Ruang Rapat Bajakah, Kamis 27 April 2023.

Ia menjelaskan pada masa peralihan masih kadang hujan tapi kadang panas seperti terjadi dua hari tidak ada hujan, namun kemudian ada hujan.

Musim kemarau di seluruh Kalteng, diprediksi mulai pada Bulan Juni sampai dengan Juli 2023. Puncak musim kemarau diprediksi mulai bulan Juli sampai dengan September 2023 mendatang.

Catur menyampaikan sifat curah hujan musim kemarau 2023 diprediksi antara normal sampai di bawah normal dikarenakan beberapa organisasi yang mengamati cuaca di dunia termasuk BMKG.

“Diprediksi musim kemarau tahun ini dipengaruhi oleh terjadinya fenomena alam El Nino,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/R)

Berita Terbaru