Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasional PLTU dan PLTMG Masih Terganggu

  • 18 Maret 2016 - 20:20 WIB

PEMBANGKIT Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulang Pisau dan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Bangkanai Barito Utara sudah mulai dioperasikan namun masih mengalami gangguan jaringan.

PLTU di Pulang Pisau berkapasitas 2x60 megawatt sudah masuk sistem atau jari'ngan tapi belum bisa diopera'sikan secara optimal karena mengalami gangguan.

'PLTMG Bangkanai yang berkapasitas 2x75 megawatt sebenarnya juga sudah dioperasikan, tapi lagi-lagi masih mengalami gangguan.

Semoga dua pembangkit listrik baru tersebut bisa segera beroperasi dengan normal agar pemadaman yang sering terjadi dapat segera diatasi,' kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kalteng Syahrin Tarigan di Palangka Raya, Jumat (18/3/2016).

Mengenai adanya pemadaman bergilir sepekan terakhir, informasi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) karena ada pemeliharaan dua unit pembangkit listrik di PLTU Asam-asam. Pemeliharaan ini membuat listrik di Kalteng dan Kalimantan Selatan defisit atau kekurangan 60 megawatt.

Syahrin mengatakan, pasokan listrik untuk Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalsel-Teng) sepenuhnya bersumber dari PLTU Asam-asam, sehingga beroperasinya PLTU Pulang Pisau dan PLTMG Bangkanai menjadi kunci utama mengatasi pemadaman bergilir ini.

'Kita tidak bisa juga paksakan PLN tidak melakukan pemadaman. Kondisinya kan memang PLTU Asam-asam sedang dilakukan pemeliharaan. Kalau dipaksakan hidup terus, yang ada semakin lama kita mengalami pemadaman listrik. Mohon bersabar saja,' ucapnya.

Dia mengatakan, untuk meminimalisir pemadaman listrik, PLN akan mendatangkan alat berkapasitas 50megawatt dari daerah lain. Apabila alat tersebut sudah datang, maka kondisi listrik untuk wilayah Kalsel-Teng dapat kembali normal.

(ANT/B-5)

Berita Terbaru