Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purbalingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kakanwil Kemenag Kalteng Lakukan Pembinaan Pegawai Kemenag di Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Mei 2023 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H Noor Fahmi, melakukan pembinaan pegawai Kementerian Agama di Kabupaten Barito Timur, Senin, 8 Mei 2023.

Kegiatan yang diadakan di GPU Mantawara Tamiang Layang itu diikuti seluruh ASN dan non ASN Kantor Kementerian Agama Barito Timur.

Saat diwawancarai usai melakukan pembinaan pegawai, Noor Fahmi yang didampingi Kepala Kantor Kemenag Barito Timur H Ahmadi mengatakan, pembinaan pegawai di lingkungan Kementerian Agama bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat

"Pegawai-pegawai ini sebenarnya adalah pelayan, berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, akan tetapi terbatas hanya menyangkut tentang agama dan keagamaan saja," ujarnya.

Memasuki tahun politik, Fahmi juga mengingatkan pegawai di lingkungan Kementerian Agama agar menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis.

"Kepada semua pegawai Kementerian Agama harus mampu menjaga netralitas, kemudian mengamankan semua rumah ibadah jangan sampai politik masuk ke rumah-rumah ibadah, jadi betul-betul rumah ibadah itu untuk kepentingan beribadah umatnya masing-masing," tegasnya.

Pada kesempatan itu Kakanwil Kemenag juga menyampaikan kebijakan pemerintah terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023.

"Nah tadi sudah dimulai manasik haji untuk memberikan wawasan pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Terkait itu peran petugas yang mendampingi jamaah haji sangat penting karena jemaah haji tahu banyak yang yang lansia," kata Fahmi.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota haji tambahan untuk Indonesia sebanyak 8.000 orang.

"Ini belum dibagikan juga untuk Kalimantan Tengah,  namun teknisnya tetap mengacu kepada urut nomor porsi," ungkapnya. (BOLE MALO/J) 

Berita Terbaru