Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tanamkan Apresiasi Seni Yang Berakar Tradisi, Pemkab Kobar Gelar Festival Marunting Batu Aji

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Mei 2023 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk meningkatkan kreasi dan inovasi serta menanamkan apresiasi seni yang berakar pada nilai-nilai tradisi dan budaya bangsa, terutama budaya dan tradisi lokal, Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) kembali menggelar Festival Maunting Batu Aji.

Mewakili Pj Bupati Kobar Anamg Dirjo, Asisten Administrasi Umum Syahruddin, Selasa, 9 Mei 2023 menjelaskan, festival yang dibuka sejak 8 Mei 2023 di Stadion Sampuraga ini merupakan salah satu cara untuk mempromosikan seni dan budaya lokal kepada masyarakat dan juga sebagai upaya untuk menjaga kelestarian budaya lokal.

"Kegiatan ini merupakan cara bukti nyata bahwa Pemkab Kobar selalu mendukung penuh demi kemajuan seni budaya dan tradisi lokal yang telah turun temurun sejak terdahulu," jelas Syahruddin.

Syahruddin menjelaskan, dalam Festival Marunting Batu Aji, dipertandingkan berbagai perlombaan ketangkasan permainan-permainan daerah serta berbagai macam seni dan budaya lokal.

"Di antaranya adalah tari-tarian, musik, memasak dan lain sebagainya. Peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, seniman, dan masyarakat umum memperlihatkan kepiawaian mereka yang menunjukkan kekayaan seni dan budaya lokal Kabupaten Kobar," jelas Syahruddin.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kobar Jamri, mengatakan bahwa festival ini diadakan dari tangal 8-12 Mei 2023 sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya lokal agar tidak semakin terpinggirkan di tengah arus globalisasi.

"Kami berharap melalui festival ini, masyarakat dapat lebih mengapresiasi seni dan budaya lokal serta melestarikannya," ujarnya. 

Menurut Jamri para pemenang dari kegiatan ini nantinya akan mewakili Kobar di ajang Festival Iseng Mulang yang digelar dalam rangka hari jadi provinsi Kalteng. (WAHYU KRIDA/Y)

Berita Terbaru