Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Petani Swadaya di Seruyan Terima STDB

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 20 Mei 2023 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Puluhan petani sawit swadaya di wilayah Kecamatan Seruyan Raya dan Hanau Kabupaten Seruyan menerima  penyerahan Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan, Albidinnor turun langsung  menyerahkan sebanyak  40 Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) kepada petani sawit swadaya..

Penyerahan STDB kepada petani sawit swadaya,  merupakan bagian dari pendampingan program USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) melalui Politeknik Seruyan dalam rangka mendorong tata kelola sawit berkelanjutan di Kabupaten Seruyan.

Adapun rangkaian kegiatan pendampingan yang dimulai dari awal tahun 2022 mencakup sosialisasi, pelatihan, pendataan dan fasilitasi pendaftaran STDB kepada DKPP Seruyan.

Kepala DKPP Seruyan Albidinnor menyatakan, STDB merupakan dokumen untuk mendata pekebun dengan luasan kurang dari 25 hektare oleh pemerintah yang tertuang di dalam Permentan 98 Tahun 2013 sebagai wujud tata kelola usaha perkebunan bagi pekebun swadaya.

 “STDB sangat diperlukan oleh pemerintah daerah sebagai dasar menetapkan berbagai kebijakan bagi pekebun,” katanya, Sabtu, 20 Mei 2023

Dijelaskan,  bahwa petani yang sudah memperoleh STDB mendapatkan beberapa keuntungan, di antaranya adalah mendapatkan peluang beasiswa pendidikan untuk anak-anaknya, peluang akses Kredit Usaha Rakyat (KUR), dukungan sarana dan prasarana, mendapatkan hibah untuk peremajaan kelapa sawit dan peluang akses penjualan melalui kelompok ke pabrik perusahaan swasta. 

“ STDB juga menjadi dasar petani untuk mendapatkan sertifikasi ISPO yang sifatnya wajib dan harus sudah terpenuhi per tahun 2025, “ jelasnya.

Diharapkan petani swadaya bisa memanfaatkan semaksimal mungkin benefit yang didapatkan dengan mempunyai STDB ini, dan dihimbau untuk tidak  lagi membuka kebun baru di dalam kawasan hutan,

Sementara itu, Ian Hilman selaku Site Manager USAID SEGAR wilayah Kalimantan Tengah, bahwa kerja sama dengan Politeknik Seruyan untuk melakukan pendampingan petani sawit mandiri merupakan bagian dari tujuan besar USAID SEGAR untuk menciptakan tata kelola sawit berkelanjutan di Seruyan.

“Membantu petani sawit mandiri mendapatkan STDB merupakan bentuk kontribusi program untuk Pemerintah Kabupaten Seruyan, dalam rangka mendukung Rencana Aksi Nasional Kelapa Sawit Berkelanjutan yang telah dicanangkan oleh Presiden melalui Inpres No. 6 tahun 2019.

Direktur Politeknik Seruyan, Hermansyah mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama yang telah berjalan selama ini antara Pemerintah Kabupaten Seruyan dan USAID SEGAR.

“Semoga kerja sama yang sudah berjalan selama ini menjadi langkah awal bagi Politeknik untuk memperluas perannya sebagai civitas akademika untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia di daerah,”  tandasnya. (FAHRUL/Y)


TAGS:

Berita Terbaru