Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Juni 2023 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kalteng, Abdul Razak mengatakan pemda baik itu provinsi, kabupaten dan kota melalui instansi terkait harus dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda di Kalteng dengan berbagai program yang dilakukan.

Menurutnya ada banyak program yang bisa dicanangkan oleh pemda untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda diantaranya seperti memberikan pelatihan usaha maupun mengadakan kegiatan contohnya bazar maupun kegiatan yang berkaitan lainnya.

"Menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda ini penting, sebab generasi muda itu pastinya tidak hanya memiliki keinginan untuk menjadi ASN maupun bekerja di perusahaan, namun ada juga yang ingin menjadi pengusaha. Jadi, pemda perlu mendukung itu," ucapnya, Rabu, 7 Juni 2023.

Apabila banyak generasi muda yang menjadi pengusaha, tentu hal tersebut tidak hanya dapat menghasilkan atau meningkatkan perekonomian mereka saja, akan tetapi juga bisa memberikan dampak positif terhadap terbukanya lapangan pekerjaan jika usaha yang dijalankan berkembang.

"Untuk mendukung dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan generasi muda ini juga tidak hanya menjadi tuga pemerintah saja, akan tetapi lembaga-lembaga lain bisa turut ambil bagian misalnya saja pendidikan maupun perguruan tinggi dan lain-lain," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para generasi muda untuk selalu dapat berkreasi dalam berbagai bidang usaha yang dijalankan. Pasalnya, dalam upaya membangun daerah ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah saja, namun perlu juga dukungan dari semua pihak termasuk generasi muda.

"Adanya usaha-usaha seperti halnya UMKM maupun IKM itu bisa menjadi salah satu yang memberikan dampak positif bagi daerah misalnya saja pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain juga, usaha yang dijalankan dapat membuka peluang kerja bagi masyarakat, dan itu bisa turut mengurangi pengangguran," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru