Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPS Jalan Muchran Ali Ditutup Atas Permintaan Warga

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 07 Juni 2023 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tempat Pembuangan Sampah (TPS) menimbulkan bau tak sedap di Jalan Muchran Ali, Kelurahan Baamang Hulu, Kabupaten  Kotawaringin Timur resmi ditutup. Penutupan itu atas permintaan warga sekitar yang merasa terganggu. 

"Penutupan TPS RT 06 Kelurahan Baamang Hulu ini atas permintaan warga. Mulai Selasa, 6 Juni 2023," kata Lurah Baamang Hulu Rudi Setiawan, Rabu, 7 Juni 2023.

Lingkungan TPS merupakan kawasan padat penduduk. Warga mengeluhkan kondisi TPS kumuh dan tumpukan sampah melebihi kapasitas. Kondisi itu menimbulkan aroma tidak sedap di kawasan jalan besar yang ramai aktivitas masyarakat.

TPS itu ditutup dengan sepanduk besar bertuliskan larangan buang sampah serta imbauan agar warga membuang sampah di Depo Sehati samping SMP 3 Sampit, Jalan Christopel Mihing, Kelurahan Baamang Tengah, Sampit.

"Atau membuang sampah di depan samping kanan Depo Pertamina. Di situ masih ada TPS sementara, untuk khusus sampah rumah tangga," ujar Rudi. 

Dalam waktu dekat, dirinya akan membuat rencana masalah persampahan di wilayah kerjanya. Masalah sampah di Kelurahan Baamang Hulu cukup serius, sehingga pihaknya semaksimal mungkin akan memfungsikan tosa sampah masing-masing RT. 

"Kami akan pasang tong-tong sampah di daerah pemukiman di pinggir depan rumah warga. Sampah-sampah itu akan kami jemput dengan tosa yang ada," tandasnya.

Pagi hari Rabu, 7 Juni 2023, sehari setelah penutupan TPS, borneonews.co.id memantau kawasan itu. Sejumlah warga masih membawa sampah, mereka mengaku belum mengetahui penutupan TPS. Namun dengan senang hati warga memutar kendaraan untuk membuang sampah ke Depo Sehati.

Rudi berharap, wilayahnya segera dipertimbangkan untuk pembangunan depo sampah. Karena Kelurahan Baamang Hulu merupakan daerah padat penduduk yang menghasilkan sampah rumah tangga cukup besar setiap harinya.

"Seyogyanya Kelurahan Baamang Hulu sudah harus ada depo sampah seperti yang ada di lokasi SMP 3 Baamang tenggah," jelasnya. 

Berita Terbaru