Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lurah Kalampangan: Jangan Membuka Lahan Dengan Membakar

  • Oleh Pathur Rahman
  • 12 Juni 2023 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Periode Januari hingga JuniKecamatan Sebangau telah terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sebanyak sembilan kali, yang menjadikan urutan Kecamatan kedua kejadian Karhutla di Kota Cantik.

Terkait hal tersebut Lurah Kalampangan Yunita Martina menyuarakan dengan tegas melarang masyarakatnya agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena selain merusak alam.

Juga tentunya memiliki banyak dampak negatif, misalnya beberapa mahluk hidup yang hilang tempat tinggal akibat hutan di bakar, yang menyebabkan makhluk hidup bisa memasuki pemukiman warga.

"Selain itu dampak kesehatan mengancam seperti kabut asap juga terus menerus menghantui, apabila terus terjadi Karhutla, untuk itu masyarakat Kalampangan setop Karhutla," katanya, Senin 12 Juni 2023.

Lanjutnya, pihak kelurahan bersama dengan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK), saat ini terus menerus waspada dan melakukan deteksi dini tentang potensi terjadinya Karhutla di Kelurahan Kalampangan.

"Bulan Juni ini ada dua kejadian karhutla di Kalampangan yaitu di Jalan Tabat Kalsa dan Karanggan Ujung, dengan adanya dua kejadian ini kami akan lebih waspada lagi," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru