Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua MPR Minta Pemerintah Jaga Harga Hewan Kurban Jelang Idul Adha

  • Oleh ANTARA
  • 17 Juni 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Pemerintah menjaga harga hewan kurban, seperti sapi, kambing, dan domba, agar tetap terjangkau oleh masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Jika ada kenaikan harga, dia meminta Pemerintah segera mengatasi hal itu dengan turun langsung ke pasar-pasar demi mengetahui penyebab kenaikan harga hewan kurban.

"Pemerintah agar dapat melakukan intervensi kenaikan harga hewan kurban, yaitu dengan menyusun strategi yang efektif, yang mampu menekan harga jual hewan kurban di pasaran," kata Bamsoet di Jakarta, Jumat.

Tidak hanya itu, dia juga meminta pemerintah daerah aktif mengawasi distribusi hewan kurban demi menjamin tidak ada kendala di lapangan.

"Pemerintah daerah juga diminta untuk terus memantau lalu lintas hewan ternak, guna memastikan tidak adanya kendala atau permasalahan terkait pendistribusian hewan ternak atau pun kendala terkait wabah penyakit pada hewan ternak yang berpotensi memicu peningkatan harga hewan ternak di pasaran," jelasnya.

Terakhir, dia berharap instansi pemerintah yang berwenang untuk aktif mengimbau para pedagang hewan kurban agar selalu mengikuti peraturan dan standar Pemerintah dan syariat Islam, misalnya hewan kurban cukup umur dan tidak dalam kondisi sakit.


Sejak bulan lalu, Bamsoet telah meminta Pemerintah beserta pihak terkait untuk menyiapkan tim pemeriksa hewan ternak dalam rangka mengawasi dan memastikan stok dan keamanan sapi menyambut Idul Adha 1444 Hijriah.

Tim pemeriksa itu perlu dibentuk untuk memeriksa sejak dini kondisi hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) maupun di luar RPH.

"Untuk melakukan langkah antisipatif sejak dini, dengan menyiapkan tim pemeriksa hewan ternak yang bertugas mengawasi serta memastikan stok sapi baik di RPH maupun pedagang hewan musiman benar-benar telah melalui pengecekan kesehatan maksimal agar lebih terjamin dan aman," ujar Bamsoet.

ANTARA

Berita Terbaru