Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Kecamatan Damang Batu Tampilkan Alut Beserta Teken dan Besei di Karnaval Budaya

  • Oleh Riska Yulyana
  • 18 Juni 2023 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kontingen Kecamatan Damang Batu tampilkan mobil hias yang menyerupai perahu tradisional lengkap dengan teken dan besei di karnaval budaya di Kota Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas, Sabtu, 17 Juni 2023.

"Kemarin kami ikut karnaval budaya yang mana mobil yang kami tumpangi dihias dan berbentuk menyerupai perahu tradisional yang dikenal oleh masyarakat Suku Dayak Ot- Danum dengan sebutan alut," ujar Camat Damang Batu Sudirman, Minggu, 18 Juni 2023.

Dia menjelaskan bahwa alut sangat berperan penting bagi masyaraka Suku Dayak Ot Danum dalam melakukan bebagai aktivitas sebagai sarana transportasi air sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Tidak hanya itu, kontingen Kecamatan Damang Batu juga melengkapi alut tersebut dengan teken, sebilah kayu atau bambu panjang untuk mengemudi alut/perahu di bagian depan.

Kemudian ada pula peserta dari Kontingen Kecamatan Damang Batu yang duduk di bagian belakang alut yang membawa besei. Besei yakni alat dayung yang bisa digunakan untuk mendayung di bagian belakang alut.

"Dalam peragaan alut kemarin, ada masyarakat yang memerankan dan memeragakan aktivitas menimba air dari alut agar tidak tenggelam karena air masuk akibat hempasan riak atau gelombang air," jelas Sudirman.

Sudirman menjelaskan ada berbagai kegiatan yang dilakukan dalam alut tersebut, ada yang mengemudi menggunakan teken di depan alut, mendayung di belakang alut, dan ada pula yang mengeluarkan air dari dalam alut. 

"Dapat kita lihat bahwa terdapat kolaborasi yang sinergi dalam membawa alut menuju tujuan yang akan dicapai," tukasnya. (RISKA YULYANA/H)

Berita Terbaru