Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Heru Hidayat Apresiasi Kegigihan Milenial dalam Pertanian Hidroponik

  • Oleh Apriando
  • 22 Juli 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Seorang pria milenial membuktikan bahwa potensi pertanian sangat menjanjikan, terutama dengan penerapan teknik modern seperti hidroponik.

Suhendro, seorang alumni Universitas Palangka Raya (UPR), mengembangkan budidaya sayuran menggunakan sistem hidroponik dan mendapatkan apresiasi dari tokoh pemuda Kalimantan Tengah Heru Hidayat.

Berkat kegigihan dan ketekunannya, Suhendro berhasil merintis usaha pertanian hidroponik meskipun dimulai dengan permodalan yang terbatas. Ilmu dan keinginannya untuk praktek langsung membantu Suhendro mengatasi berbagai tantangan dalam proses budidaya sayuran dengan sistem hidroponik tersebut. Saat ini, kebun hidroponik miliknya telah berkembang dan menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Melihat potensi yang dimiliki oleh Suhendro, Heru Hidayat, tokoh pemuda Kalimantan Tengah, turut memberikan apresiasi atas usahanya. "Kita patut mengapresiasi langkah mas Suhendro untuk tetap menekuni usaha pertanian khususnya sayuran dengan sistem hidroponik sehingga mampu untuk mendapatkan penghasilan dan juga mempekerjakan orang lain," ungkap Heru saat mengunjungi langsung kebun hidroponik Suhendro pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Sebagai pelanggan sayuran hidroponik Suhendro, Heru menyatakan bahwa dirinya lebih menyukai langsung membeli di kebun sayur karena produknya lebih segar dan terjangkau. Beragam jenis sayuran seperti pakcoy, selada, kale, dan rencananya buah melon sedang dikembangkan dan dibudidaya oleh Suhendro. Hasil pertaniannya saat ini dijual langsung kepada pelanggan serta melalui pihak ketiga untuk dipasarkan di swalayan-swalayan yang ada di Palangka Raya. Setiap hari, sekitar 30 - 40 bungkus sayuran dihasilkan dan dijual oleh Suhendro.

Tidak hanya fokus pada pengembangan usahanya sendiri, Suhendro juga turut membantu para milenial lainnya yang memiliki keinginan untuk mengembangkan usaha pertanian, terutama dengan sistem hidroponik. Heru mengungkapkan harapannya bahwa para milenial yang memiliki potensi dan keinginan dalam bidang pertanian dapat belajar dan berlatih langsung di kebun milik Suhendro. Dengan demikian, mereka akan terlatih dan mampu mengembangkan usaha pertanian secara mandiri.

Pengembangan pertanian hidroponik oleh Suhendro menjadi contoh inspiratif bagi anak muda lainnya untuk tetap memperhatikan potensi dan peluang di bidang pertanian. Dengan adanya dukungan dari tokoh pemuda seperti Heru Hidayat, diharapkan pertanian di Kalimantan Tengah dan Indonesia pada umumnya akan semakin maju dan berkelanjutan. (APRIANDO/H)

Berita Terbaru